10+ Cara Lolos Beasiswa Bidikmisi/KIP yang Harus Kamu Ketahui

-Lomba-

Lolos Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa bidikmisi bisa dikatakan sebagai bagian daripada jenis bantuan keuangan untuk perorangan yang mana taraf ekonominya masih rendah dan ia merupakan anak yang berprestasi. Beasiswa bidikmisi yang pada saat ini dikenal juga dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) memang sangat diincar oleh mahasiswa dan mereka berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, diakui ataupun tidak banyak peluang beasiswa yang tidak dimanfaatkan oleh mereka. Entah mereka tidak mengetahui berita tersebut ataukah mereka gengsi dengan temannya. Disamping itu, banyak juga yang sudah mendaftar tapi tidak diterima atau tidak lolos. Agar sekiranya dapat menjadi panduan berikut ini akan di bagikan tentang cara-cara yang bisa Anda lakukan agar lolos beasiswa bidikmisi/KIP K.

Cara Lolos Beasiswa Bidikmisi

Adapun tips mudah agar lolos beasiswa bidikmisi bagi lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat antara lain;

1. Cari Tahu Nilai Standar Kampus atau Sekolah Anda

Standar antara instansi satu dengan lainnya tentu berbeda, cari tahu hal tersebut di kampus Anda. Jika nilai Anda memenuhi standar maka segera konsultasi ke tata usaha untuk mengetahui kejelasan dari beasiswa tersebut atau mengikuti prosedur yang telah ditetapkan di beasiswa tersebut.

2. Up To Date dan Gunakan Internet

Yang dimaksud up to date adalah Anda harus sering mencari informasi atau peluang mengenai beasiswa bidikmisi. Banyak informasi yang bisa didapat atau digali di dalam internet.  Jangan hanya digunakan untuk facebook, instagram dan media sosial lainnya, akan tetapi galilah lebih mendalam mengenai informasi-informasi yang berkaitan dengan beasiswa tersebut.

3. Rajin Belajar

Tingkatkan belajar Anda. Alasannya karena dengan mempunyai nilai dan prestasi yang bagus akan sangat mudah untuk mendaftar beasiswa. Tetapkan nilai Anda diatas rata-rata. Maka jangan bosan untuk belajar.

4. Kriteria Harus Terpenuhi

Kriteria untuk mendapatkan beasiswa ini adalah bagi orang yang kurang mampu dan berprestasi. Jangan sampai Anda memalsukan data.

Contohnya upload foto depan rumah, yang diupload bukan foto depan rumah yang asli melainkan foto belakang rumah. Hal ini bisa saja beasiswa yang Anda daftarkan tidak lolos jika sewaktu-waktu disurvei. Maka berikan atau upload data yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

5. Siapkan Berkas

Sebelum mendaftar Anda harus mempersiapkan dulu beberapa berkas. Diantaranya nilai rapor, tagihan listrik, tagihan air, tagihan pajak, sertifikat rumah, kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu serta foto keluarga dan foto rumah.

6. Lengkapi Borang Data Diri

Jangan sampai ada salah satu atau salah dua yang belum terisi. Apabila data yang diajukan tidak lengkap maka dalam seleksi beasiswa pun juga akan terhambat. Oleh karena itulah persiapkan untuk kelengkapnnya.

7. Pilih Jalur Masuk, Universitas dan Jurusan yang Tepat

Pilih jalur masuk yang Anda ikuti pada saat itu. Pertama pilih yang SNMPTN dulu. Jika SNMPTN tidak lolos baru yang SBMPTN. Jika SBMPTN belum lolos maka pilih jalur Mandiri. Selain memilih jalur masuk Anda juga harus memilih Universitas mana yang akan Anda daftar dan jurusan yang sesuai dengan bidang Anda.

8. Membangun Komunikasi

Jangan malu untuk bertanya. Bangun komunikasi seluas mungkin supaya Anda mendapatkan berbagai tambahan informasi dari orang-orang penerima bidikmisi. Contohnya kakak kelas Anda yang menerima bidikmisi.

9. Tepat Waktu

Ajukan beasiswa sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan. Jangan melebihi batas waktu. Bisa jadi nanti jika melebihi batas waktu, beasiswa yang diajukan akan ditolak sehingga sebisa mungkin segera lengkapi berkas Anda dan ajukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

10. Minta Restu Orang Tua dan Berdoa

Mintalah restu kepada orangtua supaya mereka mendoakan yang terbaik, setelah semua usaha sudah dilakukan maka tinggal berserah diri kepada Tuhan. Semoga beasiswa bidikmisi yang dicita-citakan terkabul. Amin.

Demikian ulasan mengenai tips mudah untuk lolos beasiswa bidikmisi atau KIP kuliah terlengkap. Adapun tulisan ini sepenuhnya berdasarkan penerima beasiswa bidikmisi, kak Dita Afita dengan judul tulisannya yang dikim kepada website lomba "Bidikmisi YES! Prestasi YES". Semoga bermanfaat ya, baut kamu yang berkeinginan melanjutkan ke jenajang Perguruan Tinggi melalui beasiswa bidikmisi.
Kompetisi 2024

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10+ Cara Lolos Beasiswa Bidikmisi/KIP yang Harus Kamu Ketahui"

Wahyu Wulandari mengatakan...

Semoga SDM di Indonesia menjadi lebih baik dengan adanya bidik misi ini

Posting Komentar