8 Cara Menjadi Juara Olimpiade bagi Pemula dengan Mudah

-Lomba-

Banyak pelajar atau mahasiswa yang ingin memenangkan lomba untuk berbagai bentuk motivasi, baik itu untuk mendapatkan prestasi, ingin memenangkan hadiah, ataupun dorongan dari lingkungan dan keluarga untuk lebih berpertasi.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin memenangkan sebuah kompetisi atau lomba. Alhamdulillah, saya pernah memenangi beberapa lomba akademik dan OSN secara individu ataupun tim di bidang Biologi dan Mata Pelajaran IPA.

Menjadi Juara Olimpiade
Berikut inilah Kak Ananta Ayu Wulansari dari FKG Universitas Airlangga akan berbagi tips untuk teman-teman yang ingin memenangkan event olimpiade, khususnya di bidang akademik/pelajaran.

Cara Memenangkan Olimpiade


Setidaknya untuk langkah agar menjadi juara dalam kompetisi olimpiade bagi pemula. Antara lain;

1. Temukan Minat

Menemukan minat adalah hal pertama yang harus dilakukan, karena minat ini sangat berpengaruh untuk motivasi belajar dan mengikuti lomba. Fokuskan pilihanmu pada 1 MATA PELAJARAN. Prihal ini misalnya saja minat dalam pelajaran biologi, kimia, fisika, ekonomi, atau lainnya. Yang penting fokus dalam mata pelajaran tertentu.
 
2. Buatlah Kelompok Belajar
 
Belajar bersama teman-teman yang mempunyai minat yang sama akan meningkatkan semangat dalam belajar, mengurangi rasa bosan, dan akan mempermudah dalam bertukar ilmu (Jika kamu tidak memahami materi, mungkin saja temanmu ada yang memahaminya).

Selain itu, juga akan menambah informasi lomba dan lebih  mudah untuk mempunyai partner dalam lomba (tips: buat tim tetap untuk lomba berkelompok), dan jika kamu sudah punya tim, maka pihak sekolah akan lebih mudah untuk menunjuk kamu dan timmu.
 
3. Konsultasi ke Ahli
 
Jika kamu mengikuti lomba di bidang akademik, carilah ahli yang bisa membimbing kamu untuk memperdalam materi, seperti guru, dosen, atau senior yang juga mengikuti lomba di bidang yang sama. Teman-teman yang kamu kenal ketika lomba juga bisa menjadi partner dalam diskusi materi.
 
4. Buat Target dan Evaluasi Hasil

Membuat target adalah salah satu hal yang penting jika ingin memenangi sebuah lomba. Target bisa meliputi berapa lama kamu belajar, materi apa saja yang harus dikuasai, lomba apa saja yang ingin kamu ikuti. Tulis semua dan tempel di tempat yang mudah kamu lihat!
 
5. Rutin dan Tekun Berlatih
 
Usahakan kamu mempunyai ritme belajar yang tetap, dan jika bisa belajarlah untuk pelajaran itu setiap hari. Oleh karena itulah saran yang diberikan buatlah jadwal secara rutin untuk mempelajari materi setelah itu berlatih soal.
 
6. Bank Materi dan Soal
 
Cari sumber materi sebanyak banyaknya, cari refresnsi buku acuan yang tepat dan kamu bisa mencari (mendownload atau membeli buku) latihan soal-soal olimpiade ini sendiri menjadi sangatlah urgen untuk dilakukan.
 
7. Sering-sering Mengikuti Lomba
 
Dengan mengikuti banyak lomba, maka kamu akan lebih mudah untuk mengetahui tipe soal yang biasanya dikeluarkan. Selain itu, mengikuti lomba akan melatih mental dan memperluas pergaulan dengan teman-teman dari sekolah lain yang mempunyai minat yang sama.
 
8. Berdoa dan Mohon Doa pada Orang Tua
 
Berdoa adalah “Invisible Power” karena pada dasarnya setiap yang berlomba juga mempunyai kemampuan yang rata-rata sama, maka “Invisible Power” itulah yang akan membantumu selama mengikuti lomba. Jangan lupa meminta restu dan doa pada orangtua, karena itu akan sangat membantu dalam ketenangan selam mengikuti lomba.
 
Selamat mencoba dan Berusahalah yang Terbaik!. Demikianlah artikel tentang tips jitu untuk menjadi juara dalam lomba olimpiade yang pernah saya lakukan. 
Kompetisi 2024

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Menjadi Juara Olimpiade bagi Pemula dengan Mudah"

Posting Komentar