Lomba Menulis Essai Pelajar Tingkat Nasional 2024

-Lomba-

 

Lomba Menulis Essai Pelajar Tingkat Nasional 2024
Hallo teman-teman semuanya dalam kesempatan kali inilah admin akan membagikan tentang adanya event untuk pelajar secara online pada Tahun 2024 dimana event ini adalah lomba menulis essai nasional yang tentu saja hanya bisa diikuti oleh pelajar di Indonesia lho ya.

Oleh karena demikianlah bagi kalian yang mau ikutan dalam event ini silahkan saja simak ketentuan beserta dengan keterangan lengkapnya. Oh iya kalian yang pengen juara dalam lomba menulis essay bisa banget klik linknya juga lho ya.

Lomba Menulis Essai Pelajar Tingkat Nasional 2024

Aktualiasasi peran pelajar yang kreatif dan inovatif dalam menjawab tantangan permasalahan sustainable Development Goals

Subtema Lomba Menulis Essay Nasional 2024

  1. Pendidikan
  2. Teknologi
  3. Sosial Budaya
  4. Ekonomi
  5. Lingkungan

Syarat dan Ketentuan Lomba Menulis Essai Nasional 2024

  1. Peserta yang bisa mendaftar dalam lomba yaitu pelajar siswa SMA/SMK Sederajat di seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan melampirkan Kartu Pelajar
  2. Peserta merupakan individu dan/atau kelompok, yang mana satu kelompok berisi maksimal 3 orang dengan 1 orang sebagai ketua kelompok dan yang lain sebagai anggota kelompok.
  3. Ketentuan upload foto pada formulir baik ketua maupun anggota diharapkan menggunakan foto formal (background bebas) serta memakai seragam sekolah masing-masing
  4. Peserta kelompok diperbolehkan berasal dari bidang ilmu (jurusan) yang berbeda namun tetap berasal dari satu sekolah yang sama.
  5. Esai yang dikirim merupakan karya asli (original) yang belum pernah diikutsertakan pada perlombaan apapun dan belum pernah dipublikasikan di media apapun lho ya
  6. Peserta hanya dapat menjadi juara dari satu judul esai yang dikirimkan.
  7. Segala bentuk kecurangan dan plagiarisme akan berakibat pada pengurangan nilai, diskualifikasi serta pembatalan juara.
  8. Karya yang sudah dikirimkan akan diseleksi dan diambil 10 karya terbaik yang akan menjadi finalis sesuai dengan keputusan juri untuk lanjut ke babak berikutnya.
  9. Peserta mengisi formulir pendaftaran dan melakukan pembayaran sesuai petunjuk yang telah ditentukan.
  10. Naskah esai merupakan karya orisinil peserta, belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi sejenis, dan belum dipublikasikan dalam bentuk apapun.
  11. Karya tidak boleh mengandung unsur SARA, sadisme atau hal-hal yang bersifat merendahkan atau melecehkan pihak lain.
  12. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim maksimal dua naskah esai.
  13. Judul naskah bebas tetapi harus berkesinambungan dengan tema yang ditetapkan oleh panitia serta judul maksimal terdiri dari 15 kata, dan ditulis dengan huruf kapital.
  14. Penulisan nama instansi penulis disertakan setelah nama penulis.
  15. Penulisan naskah esai minimal terdiri dari 1200 kata dan maksimal 6000 kata selain itu naskah esai minimal 4 paragraf.
  16. Biodata penulis dilampirkan pada bagian akhir esai.
  17. Penulisan esai harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan ejaan yang sudah disempurnakan atau EYD.
  18. Apabila di dalam naskah esai penulis mengutip jurnal atau artikel lain maka penulis juga wajib menyertakan sumber resmi kutipan tersebut untuk menghargai hak cipta orang lain.
  19. Jadwal Lomba 2024 bisa juga kalian baca disini lho ya

Timeline Lomba Menulis Essai Pelajar Tingkat Nasional 2024

  • Pembukaan Pendaftaran dilakukan dari tanggal 02 November 2023
  • Penutupan Pendaftaran Gelombang 1 dapat dilakukan sampai Tanggal 6 Desember 2023
  • Penutupan Pendaftaran Gelombang 2 yaitu pada Tanggal 07 Januari 2024
  • Pengumuman 10 Besar 13-01-2024
  • TM Daring Peserta 14-01-2024
  • Presentasi Esai Daring 17-01-2024
  • Pembagian Hadiah 20-01-2024

Hadiah Lomba Menulis Essai Pelajar Tingkat Nasional 2024

Pemenang yang menjadi karya terbaik dalam lomba ini akan mendapatkan uang tunai jutaan rupiah dan juga sertifikat sebagai pemenang lho ya

Itulah saja informasi tentang adanya lomba menulis essay nasional 2024 yang dilakukan secara online. Dimana lomba online ini sendiri sepenuhnya bernamakan Essai Gebyar National Competion (EGNC) 2024 yang diselenggarakan oleh Ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Yang mau tahu kelengkapnya klik sajalah disini

Kompetisi 2024

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lomba Menulis Essai Pelajar Tingkat Nasional 2024"

Posting Komentar