3 Cara Menjadi Juara Ketika Berkuliah yang Baik dan Benar

-Lomba-
Cara Menjadi Juara Ketika Kuliah


Halo Teman-teman pembaca website lomba terbaru yang baik hatinya. Disini saya akan sharing pengalaman sewaktu masih menjadi mahasiswa Fakultas Teknik  di salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah. Ketika mendengar kata “Juara” pasti yang terlintas di benak teman-teman adalah mahasiswa dengan IPK tinggi dan kutu buku.

Padahal, masih banyak cara yang bisa ditempuh oleh mahasiswa untuk bisa meraih prestasi dan menjadi “juara”. Yups, karena prestasi itu tidak semata-mata keunggulan akademis.  Nah,  berikut ada 3 jalan agar mahasiswa menjadi juara di bidang masing-masing:

Cara Menjadi Juara Ketika Berkuliah

Antara lain sebagai berikut;

1. Aktif di Salah Satu Organisasi

Dengan berperan aktif di organisasi, mahasiswa berpeluang mendapat ilmu dan pengalaman berharga. Selain itu, akan berpeluang mengikuti berbagai event, baik di dalam maupun di luar negeri, menyenangkan bukan?. Caranya, cobalah fokus di satu organisasi saja, dan dalami seluk beluknya.

Ikuti kegiatan yang melibatkan organisasi tempatmu bergabung. Awalnya mungkin kamu hanya berperan sedikit namun lama kelamaan kamu bisa menjadi ‘orang penting’ di organisasi.

Keuntungan lainnya, kamu akan punya banyak relasi yang bisa membantumu kelak ketika sudah lulus dan mencari pekerjaan. Saat sudah menjadi alumnipun, kamu bisa berkontribusi dan diundang untuk ‘sharing’ dengan anggota organisasi yang baru.


2. Aktif di Laboratorium

Menjadi asisten laboratorium adalah pilihan yang baik untuk berprestasi. Selain mendapatkan honor, kamu bisa mendapatkan pengalaman dan ‘soft skill’  seperti kemampuan presentasi. Terkadang, laboratorium juga bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengembangkan penelitian tertentu.

Tentunya itu sangat menguntungkan karena kamu bisa mendapat ilmu langsung dari praktisi di dunia kerja, menarik bukan?  Jika hasil penelitian di laboratorium bisa diaplikasikan untuk masyarakat luas, tentu kamu akan sangat bangga karena bisa memberi manfaat untuk orang banyak.

3. Ikuti Kompetisi

Banyak sekali kompetisi atau jadwal lomba mahasiswa yang bisa kamu ikuti selama menjadi mahasiswa, baik internal maupun eksternal. Misalnya ikut kompetisi antar mahasiswa Jurusan Teknik Industri se-Indonesia. Dengan mengikuti kompetisi, kamu akan dilatih disiplin dalam latihan, dan bekerja sama dalam tim.

Selain itu, kamu bisa berkesempatan mengunjungi perguruan tinggi lain yang ada di luar kota, gratis pula. Kompetisi ini bisa membawamu meraih juara dan prestasi, dan yang terpenting adalah pengalaman.  

Demikianlah tulisan mengenai cara mudah untuk menjadi juara ketika kalian sedang berkuliah. Artikel ini ditulis dan dibagikan oleh Anni Rohimah. Semoga dapat membantu, bagi para pembaca yang sedang mencari inpirasi mengenai cara juara.
Kompetisi 2024

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Menjadi Juara Ketika Berkuliah yang Baik dan Benar"

Posting Komentar