8 Cara Menjadi Juara Lomba Akademik dan Non Akademik yang Harus Kalian Baca

-Lomba-

Cara menjadi juara lomba, dalam artikel ini ditulis oleh Andy Prasetyawan, yang membagikan tentang trik dan tips menjadi juara lomba akademik dan non akademik.

Lomba akademik sendiri yang dimaksud adalah lomba karya tulis ilmiah, lomba menulis essay, olimpiade, dan lain sebaginya. Sedangkan lomba non-akademik mislanya saja adalah lomba cerpen, lomba main catur, menulis novel, lomba baca puisi, dan lain sebagainya. Berikut tulisan tentang tips menjadi juara tersebut;

Menjadi Juara Lomba Akademik dan Non Akademik


Cara Juara Lomba Akademik dan Non Akademik

Hallo pembaca website lomba terbaru, kembali dengan saya yang akan membawakan tips tentang bagaiamana cara menjadi juara dalam lomba ataupun olimpiade.

Sebelumnya kalian tahu belum, apa sih yang dinamakan lomba itu?, pengertian lomba adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menguji kemampuan guna meningkatkan kemampuan. Terdapat banyak jenis lomba namun biasa dikategorikan menjadi dua, yuk simak ulasan dibawah.

Cara Juara Lomba Akademik

Antara lain adalah sebagai berikut;

1. Persiapan diri yang matang
 
Biasanya orang yang mengikuti lomba dan mendapat juara adalah orang yang selalu berusaha dengan sungguh-sungguh menyiapkan materi yang akan di lombakan, misalnya ketika Olimpiade matematika, untuk mengikuti lomba tersebut kita sebelumnya harus belajar dan memahami materi tersebut.

2. Penguasaan materi
 
Dalam lomba, penguasaan materi adalah hal yang mendasar. Tentu kita tau sebelum kita menguasai materi kita mungkin tidak akan mengikuti lomba. Penguasaan metri yang baik akan berdampak pada hasil. So, siapkan materi yang akan dilombakan ya guys.

3. Perbanyak latihan soal
 
Setelah materi terkuasai, biasakanlah perbanayak latihan soal. Karena apa?, latihan soal membantu mereview materi, kadang ada materi yang kurang sempurna penguasaanyya akan menjadi lebih baik ketika rajin mengerjakan soal. Jika sudah terbiasa menegrjakan soal, mental tidak akan down ketika mendapat soal yang sulit, ini tips yang mendasar dan harus dilakukan ya guys.

4. Perbanyak pengalaman.

Sering mengikuti lomba juga akan menambah peluang menjadi juara, bandingkan saja dengan yang tidak pernah mengikuti lomba. Untuk pertama kalinya mereka pasti akan deg-degan, stress, dan bingung. Dari hal ini membuktikanbahwa yang sering mengikuti lomba akan terbiasa dengan susasan dan akan mempermudah dalam mengerjakan soal.

5. Membuat komunitas lomba
 
Ketika mengikuti lomba pasti akan mendapat teman baru, dalam hal ini ajak merekaknelana. Selanjutnya ajak mereka share materi dan belajar bareng. Tentu akan mempermudah juga dalam penguasaan materi

6. Tetap berusaha dan tak kenal menyerah
 
Ketika gagal, bagun dan berdirilah untuk mencoba lagi. Sehingga dalam hal inilah usaha tidak akan membohongi hasilnya lho ya.

7. Berdo’a dan bersabarlah

Ada petikan dari ayat Suci Al-Qur’an bahwa ”Allah selalu bersama orang-orang yang sabar”. Jadi ketika gagal bero’alah dan bangkit untuk mencoba kembali.

Cara Menjadi Juara Lomba Non Akademik


Untuk tips sebenarnya hampir sama namun terdapat tambahan yaitu

1. Cari pelatih

Semakin banyak berlatih keterampilan yang anda miliki juga akan berkembang. Baik dan buruknyan kualitas pelatih tergantung kemauan dari kita sendiri. Manfaatkan latihan dengan  sebaik-baiknya.

2. Tetap optimis

Karena lomba skill tidak dapat ditentukan berdasarkan poin seperti halnya olimpiade, Jika gagal tetaplah berjuang dan semangat.

Baik , cukup sekian tips-tips dari saya. Semoga bermanfaat ya tulisan mengenai cara mudah untuk menjadi juara lomba akademik dan non akademik ini, yang terpenting adalah melaksanakan tips-tips di atas.Semoga tuhan memberkahi.
Kompetisi 2024

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Menjadi Juara Lomba Akademik dan Non Akademik yang Harus Kalian Baca"

Posting Komentar