7 Cara Sukses Menyelenggarakan Lomba yang Harus Kamu Baca

-Lomba-

Menyelenggarakan lomba atau sayembara seringkali ditemukan oleh semua pihak, baik lembaga kampus, organisasi sekolah, bahkan lembaga dalam sistem sosiak kepemerintah. Oleh karena itulah penting setidaknya tulisan ini dibuat, agar agenda atau rencana kompetisi tersebut sukses dikemudian hari.

 
Menyelenggarakan Lomba

Cara Menyelenggarakan Lomba

Berikut ini beberapa langkah sukses menyelenggarakan lomba, diantaranya;

1. Persiapan Agenda Lomba

Perisiapan adalah langkah pertama yang harus dilakukan bagi penyelenggara lomba, dengan persiapan yang baik tentunya lomba atau syaembara yang diselenggarakan akan memimiliki persiapan yang matang, begitupula sebaliknya dengan perisapan lomba yang kurang baik maka dapat dipastikan lomba tersebut akan terbelengkalai, baik oleh peserta lomba atapun panitia.

2. Menentukan Mekanisme Lomba Termasuk di Dalamnya adalah Biaya Pendaftaran

Mekanisme lomba dari segala yang ada barangkali untuk biaya pendaftaran sangatlah berhati-hati, sebab dengan biaya pendaftaran yang mahal lomba tersebut tidak akan memperoleh pendaftar. Adapun sebagai acuan bagi penyelenggara lomba, untuk lomba essay jika memang ada biaya pendaftaran buatlah kisaran 50 sampai 90 Ribu, untuk Lomba Karya Tulis dibuat 70 sampai 100 Ribu.

Biaya pendaftara lainnya, misalnya untuk lomba photografi kisaran 50 sampai 100 Ribu, lomba desain sekitar 30 sampai 60 ribu. Nah, jikalau memang ingin lomba yang diselenggarakan sukses maka pilihlah tanpa ada biaya pendaftaran alias gratis.

3. Desain yang Elegan agar Menarik di Lihat

Kata siapa desain tidak mempengaruhi pendaftar, ini anggapan yang salah. Sebab selama ini dengan desain yang menarik atau elegan pendaftar akan melihat keprofesionalan lomba, tanpa elegannya desain maka lomba yang diselenggarakan akan dianggap kurang memiliki persiapan, bahkan karena desan lomba yang asal bisa jadi dianggap sebagai lomba berkedok penipuan.

4. Publikasi

Setelah melakukan persiapan lomba, mekanisme lomba, desain, maka selanjutnya ialah publikasi. Publikasi bisa menjadi sangat menentukan apalagi di era digital, sebab dengan publikasi yang maksimal banyak peserta akan menggetahui lomba yang diselenggaran.

Untuk menjalankan publikasi lomba, barangkali setiap penyelenggara punya trik sendiri, misalnya untuk tag kepada sesama teman, atau membagikan info lombanya di jejarang sosial. Meskipun begitu, penulisan disini menyarankan untuk publikasi dilakukan saja oleh pihak penyelenggara, dapat menghubungi website atau media sosial yang menyedikan info lomba atau bisa juga sesama panitia diwajikan untuk kosisten menyebarkan ke teman di media sosialnya. Ini juga menjadi salah satu publikasi yang maksimal, apalagi dilakukan setiap hari, maka dapat dipastikan banyak orang yang merasa penasaran.

5. Menjadi Panitia yang Siap Setiap Saat

Banyak yang bertanya ketika menyelanggarakan lomba itu adalah hal yang wajar, maka sekedar saran untuk para penyelenggara jadilah panitia yang menyabar, maksunya disini penyabar dalam artian mampu untuk menjawab dengan jawaban yang sama secara berulang kepada para peserta lomba.

6. Selenggarakan Setiap Tahun Secara Konsisten

Menyelanggara lomba setiap tahun secara konsisten adalah hal yang bisa membuat sukses untuk para penyelanggara lomba, alasannya dalam hal ini lomba tersebut sudah memiliki target dan tingkat kepercayaan tinggi bagi para pendaftarnya, apalagi jikalau untuk hadiah di tambah lebih besar lagi.

7. Berikan Pengumuman Tapat Pada Waktunya

Banyak lomba yang memilih untuk memberikan pengumuman tepat pada waktunya, alasannya karena berbagai hal. Misalnya saja dean juri, atau hal-hal penting lainnya. Dengan alasan ini siapapun harus paham bahwa resiko yang bisa terjadi pendaftar akan kecewa.

Kekecawaan ialah ketika pendaftar selalu memantau pengumuman, sebab percayalah siapapun yang mendaftar dalam lomba ketika pengumuman bisa berulang-ulang melihat media sosial dan website si penyelanggara. Termasuk Admin sendiri ketka menguikuti lomba.

Demikianlah tulisan mengenai cara untuk sukses dalam menyelanggara lomba, kompetisi, atau sayembara. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari trik dan tips menyelanggarakan lomba. 
Kompetisi 2024

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Sukses Menyelenggarakan Lomba yang Harus Kamu Baca"

Posting Komentar